DEMA FDI Sukses Gelar HAMASAH 2017

Harakat Musabaqah Al-Lughah Al-A’robiyah 2017 untuk yang kedua kalinya pada pertengahan Oktober 2017 ini yang diselenggarakan oleh Dewan Mahasiswa Fakultas Dirasat Islamiyah (DEMA FDI) telah usai dan berjalan dengan baik. Perlombaan bahasa Arab tingkat nasional yang lebih akrab disebut HAMASAH ini mengusung tema “Eksistensi Bahasa Arab dalam Lintas Perbedaan Peradaban”. Tidak seperti tahun pertama yang diadakan selama empat hari, HAMASAH tahun kedua ini hanya mengambil tiga hari untuk semua rangkaian kegiatannya.

Senin, 16 Oktober 2017 para panitia menyuguhkan seminar sastra dan bedah buku “Duka Sedalam Cinta” karya Helvy Tiana Rosa pendiri Forum Lingkar Pena pada pembukaan acara. Hari kedua, para peserta dipersilahkan untuk fokus mengikuti perlombaan masing-masing, seperti Debat Bahasa Arab, Pidato, MQK, Baca Berita, Essay dan Arab Idol. Final debat bahasa Arab, Puisi dan Kaligrafi diadakan bersamaan dengan seminar Public Speaking pada hari terakhir perlombaan.

Juara umum HAMASAH kali ini disabet oleh kontingan Darus Sunnah. Piala juara satu Debat Bahasa Arab dibawa oleh utusan UIN SGD Bandung grup A, juara dua dari UII Yogyakarta grup B, dan juara tiga dari Darus Sunnah Ciputat. Kaligrafi dijuarasatui oleh Muhammad Irham dari LEMKA, juara dua oleh Herman Sawiran dari UIN Jakarta dan juara tiga oleh Ahmad Hijazi dari LEMKA juga. Piala lomba Baca Berita dibawa pulang oleh Husna Amalia Rahmawati dari UII Yogya, Nova Mardina dari UIN SGD Bandung dan Malihah dari STEBANK. Ikhsan Khulqi dari BSA UIN Jakarta menjuarasatui lomba Pidato, Riza Bari dari Madrasah Darus Sunnah juara dua dan Ahmad Busyairi dari UIN SGD Bandung sebagai juara ketiga. MQK dimenangkan oleh Ahmad Zamzam Saefi dari Darus Sunnah, Fajar Syamsi dari UIN Jakarta dan Musa Wardi dari Darus Sunnah. Piala lomba Essay dibawa pulang oleh Ujang Hudaya dari UIN SGD Bandung, Lenni Selvi Maryani dari UIN SGD Bandung juga, dan Diah Ayu dari BSA UIN Jakarta. Lomba Puisi dimenangkan oleh Muh. Octa Adhi Saputra perwakilan dari Darus Sunnah, juara dua oleh Isyfi Anni Azmi Al Rozi dari Darus Sunnah dan Regina Juliansyah dari Ponpes Daarul Mughni. Dan piala dari lomba Arab Idol dimenangkan oleh Teuku Radja Idin dari STFI SADRA Jakarta, Nandang Budiman dari UIN Jakarta dan Wichda Rachma Adzkiya dari Darus Sunnah.

Tidak hanya seminar nasional, bedah buku dan seminar public speaking saja, para panitia HAMASAH 2017 ini turut menyuguhkan pentas seni bazaar buku, baju, jilbab dan makanan ringan di sela-sela rangkaian kegiatan perlombaannya. (CB).

Lihat: Arsip HAMASAH 2017