DEMA FDI Sukses Menyelenggarakan Bedah Buku: Membaca Pemikiran Said Nursi dalam Kitab Al-Maktubat

AULA FDI – Dewan Mahasiswa (DEMA) Fakultas Dirasat Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan bedah buku kitab Al-Maktubat karya Syekh Badiuzzaman Said Nursi. Acara bedah buku yang diselenggarakan DEMA FDI ini bekerja sama dengan Yayasan Nur Semesta yang bertemakan  “Membaca Pemikiran Said Nursi dalam Kitab Al-Maktubat, dengan narasumber Dr. Muhbib Abdul Wahab, M.A. dan Dr. Sahabuddin, Lc., M.A.

Acara bedah buku ini  diselenggarakan pada hari Senin tanggal 7 November 2017  dan  dihadiri oleh mahasiswa FDI serta berbagai fakultas yang ada di  UIN syarif hidayatullah seperti mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab, Tarbiyah dan lain-lain.

Bedah buku dimulai dengan pemaparan oleh pembicara pertama yaitu Dr. Muhbib yang menjelaskan tentang biografi Said Nursi mulai dari kelahiran, perjalanan dalam menuntut ilmu, dakwah dan peran Said Nursi dalam Islam serta karya-karyanya. Dr. Muhbib juga menjelaskan bahwa Said Sursi adalah ulama yamg sangat militan dalam berdakwah, tajam ketika berfikir, serta pejuang yang tangguh dalam jihad fi-sabilillah.

Sedangkan narasumber kedua Dr. Sahabuddin dalam pemaparannya menjelaskan isi kandungan dari kitab Al-Maktubat  mulai dari pembahasan tentang tasawuf, fiqih, aqidah, dan juga tafsir.

Acara bedah buku juga dilengkapi dengan penandatanganan MoU antara Fakultas Dirasat Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Yayasan Nur Semesta sebagai penggiat pemikiran Said Nursi. Dr. Cahya Buana selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama berharap agar acara semacam ini dapat memberi pengayaan wawasan bagi para mahasiswa selain wawasan yang mereka peroleh di kelas. (Qolbu & CB).

Lihat: Arsip Kegiatan