DEMA Gelar Bedah Buku Biografi Kiai Ali Mustafa Yaqub

Gedung FDI – Kamis, 26 April 2018 Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) bekerja sama dengan Darus Sunnah International Institute for Hadits Sciences mengadakan acara Bedah Buku biografi Kiai Ali Mustafa Yaqub yang berjudul “Meniti Dakwah di Jalan Sunnah”. Acara Bedah buku yang dimulai pukul 13:00 Wib bertempat di Aula lantai 2 FDI dihadiri oleh berbagai mahasiswa.

Dr. Cahya Buana, MA. selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FDI dalam sambutannya mengungkapkan kekagumannya pada sosok Kyai Ali, sampai-sampai setiap kali membaca tulisan tentangnya pasti meneteskan air mata.

Acara tersebut menghadirkan tiga Narasumber yang tiga-tiganya memiliki hubungan khusus dengan Kiyai Ali ataupun FDI. Narasumber pertama ialah Ulin Nuha, S.S.I., penulis buku yang juga merupakan Alumni FDI. Ulin Nuha menuturkan salah satu alasan ia menulis buku ini ialah karena ia sangat kagum akan sosok Kyai Ali, menurutnya Kyai Ali merupakan orang yang sangat tradisionalis atau gaptek tapi itu semua tidak menghalanginya untuk menghasilkan banyak karya tulis.

Narasumber kedua ialah H. Zia Ul Haramein, Lc. (Khadim Mahad Darus Sunnah) yang juga merupakan Alumnus FDI, karena dulu ia pernah merasakan belajar di FDI selama satu tahun. Anak semata wayang Kyai Ali ini mengungkapkan bahwa Bapak selalu berpesan kepadanya untuk tidak mengorbankan belajar demi hal duniawi. “Bapak juga tidak pernah meminta jabatan tapi jabatan yang datang kepadanya, dan itu semua tidak membuat Bapak jadi membanggakan dirinya dengan apa yang ia punya dan dapatkan” terang Zia.

Lalu Narasumber terakhir ialah Dr. Rusli Hasbi, Lc., MA. Sahabat Kyai Ali Yang juga merupakan Dosen FDI. Beliau mengungkapkan, saya sangat kagum kepada Kyai Ali, “Sembilan tahun di Riyadh yang terkenal dengan paham dan aliran wahabi akan tetapi tidak sama sekali terkontaminasi dengan itu. Sama seperti Syekh Al-Azhar Abdul Halim Mahmud yang belajar bertahun-tahun di Sorbonne, Perancis, tapi tidak sama sekali tidak menjadikannya Liberal” terangnya.

Semoga dengan diselenggarakannya acara ini para Mahasiswa mampu meneladani sosok Kia Ali Mustafa Yaqub dan juga agar mahasiswa terpantik untuk giat membaca dan menulis.