Kunjungan Akademik Universitas Jabal al-Garbi Libya

Gedung FDI Berita Online, Fakultas Dirasat Islamiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menerima kunjungan akademik dari Fakultas Tarbiyah Universitas Jabal al-Garbi Libya pada hari Rabu, 29 Juli 2015 untuk menjalin kerja sama di bidang akademik antara kedua lembaga tersebut dan menyerahkan penelitian di bidang Sastra Arab dengan judul: “Al-îqa’ al-Syi’ri fi al-Qashidah al-‘Arabiyyah: Dilâlat wa Ab’âd”.

Kerja sama ini dalam rangka studi banding tentang metode pengajaran, mata kuliah yang diajarkan dan konsentrasi keilmuan di Fakultas Dirasat Islamiyah. Pertemuan antara Prof. Dr. Khalifah Ahmad al-‘Atiri dengan Dr. Hamka Hasan, M.A (Dekan FDI) ini mendiskusikan pertukaran mahasiswa dan dosen serta kerja sama kegiatan-kegiatan akademik antara keduanya, diantaranya penelitian kolaborasi, penulisan jurnal ilmiyah, olimpiade Islamic Studies antar Negara-negara Islam serta seminar-seminar internasional. Pada kesempatan ini, Fakultas Dirasat Islamiyah mengundang secara khusus dosen dan peneliti Universitas Jabal al-Garbi dan lainnya di Libya untuk ikut serta dalam acara Seminar Internasional yang akan diadakan pada tanggal 1 – 3 September 2015 dengan tema: “Al-Wasathiyyah Asas al-Khayriyah: Muhawalah li Rasm Ma’alim al-Fikr al-Islami fi Daw’I al-Tahaddiyat al-Mu’asirah”.

Kunjungan ini diikuti oleh beberapa delegasi dari Hay’ah al-Tadris Universitas Jabal al-Garbi dan didampingi oleh Dr. Ahmad Muradi. Kunjungan ini diharapkan agar kerja sama ini terjalin dengan erat dan dapat merealisasikan hasil pertemuan kali ini untuk memperkaya khazanah keilmuan ke-Islaman.