Kunjungan Balasan, FDI Silaturahmi dan Sosialisasi ke Pondok Pesantren Daar El-Qolam

Kamis, 20 April 2017 Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan kegiatan Silaturahmi dan Sosialisasi ke Pondok Pesantren Daar El-Qolam yang terletak di Pasir Gintung, Jayanti, Tangerang, Banten. Kegiatan ini merupakan implementasi kerjasama Fakultas Dirasat Islamiyah dan Pondok Pesantren Daar El-Qolam tahun 2017. Sebelumnya pada hari Kamis, 9 April 2017 jajaran Pimpinan dan Pengurus Ponpes Daar El-Qolam telah terlebih dahulu mengunjungi Fakultas dan membahas kerjasama yang akan dijajaki oleh kedua belah pihak.

Baca juga: Penerimaan Kunjungan Mudirul Ma’had Pondok Pesantren Daar El Qolam

Untuk acara sosialisasi ini, Fakultas mendelegasikan 7 orang yang terdiri dari Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Dr. Cahya Buana, MA sebagai koordinator, Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Ahmadi Usman, MA, Wakil Dekan Bidang Administrasi dan Kepegawaian Dr. Asmawi, M.Ag, Sekretaris Program Studi Aida Humaira, MA, Fatihunnada, Lc, MA Dosen FDI, Arip Saripudin, S.Kom. tenaga IT, dan Yanto pengemudi.

Perjalanan ke Ponpes menghabiskan waktu selama dua jam lebih yaitu dari pukul 09.00-11.15. Setibanya di Ponpes rombongan disambut oleh pimpinan dan pengurus Pondok Pesantren dan langsung dibawa ke ruang rapat untuk beramah tamah. Pukul 11.30-12.15 acara ramah tamah dimulai dengan sambutan Mudir al-Ma’had al-Ustadz Drs. K.H. Ahmad Syahiduddin (Pengasuh Pondok Pesantren Daar el-Qolam). Beliau menyampaikan bahwa atas nama Ponpes Daar El-Qolam sangat mengapresiasi kunjungan FDI dan beliau berharap agar kerjasama yang akan dibangun selanjutnya dapat memberikan manfaat yang besar baik bagi FDI maupun ponpes Daar El-Qolam.

Selepas sambutan Mudir al-Ma’had dilanjutkan dengan presentasi mengenai Pondok Pesantren Daar El-Qolam oleh Ust. Chamdan Widadi. Secara garis besar presentasi menyampaikan tentang kondisi Ponpes di antaranya bahwa Daar El-Qolam saat ini dibagi ke dalam 4 Ponpes, yaitu Daar El-Qolam 1, Daar El-Qolam 2, Daar El-Qolam 3, dan Daar El-Qolam 4 dengan jumlah santri secara keseluruhan 5.469 orang dan 437 guru. Ust. Chamdan selanjutnya menjelaskan tentang distingsi dari masing-masing ponpes yang salah satunya akan bekerjasama dengan FDI secara intensif yaitu Daar El-Qolam 4 yang memiliki kekhasan dalam kajian keislaman secara khusus.

Untuk melengkapi acara ramah tamah, kamipun diminta untuk menyampaikan sambutan. Sebagai wakil delegasi sambutan disampaikan oleh Dr. Asmawi. Dalam sambutannya Dr. Asmawi menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas sambutan dari para pengurus Ponpes, dan berharap agar kerjasama ini bisa berlanjut sebagaimana pernah dibahas pada pertemuan sebelumnya, seperti terkait rekruitmen mahasisiwa berprestasi, keterlibatan dosen sebagai pendamping di ponpes, penerimaan alumni FDI sebagai tenaga guru, dan lain sebagainya.

Pukul 12.15-13.15 kami diundang untuk makan siang dan dilanjutkan dengan shalat Zuhur dan beristirahat sejenak. Selanjutnya kami berkumpul di bus milik Ponpes untuk kemudian mengelilingi ke-4 Pondok Pesantren yang letaknya berjauhan dari pukul 13.15-14.00. Pada pukul 14.00 kami kembali ke Daar El-Qolam pusat dan berkumpul di Aula untuk menyampaikan sosialisasi Fakultas Dirasat Islamiyah. Presentasi disampaikan oleh Dr. Cahya Buana setelah sambutan dari pihak Ponpes.

Dalam sosialisasi ini disampaikan berbagai hal terkait FDI dan adanya kesamaan visi antar kedua lembaga yaitu pada tafaqquh fiddin. Selain itu juga disampaikan tentang ciri khas FDI sebagai Fakultas yang berbasis bahasa Arab, hapalan al-Qur’an serta kurikulum yang diadopsi dari Universitas al-Azhar Kairo Mesir. Prestasi mahasiswa juga merupakan bagian yang tidak terlupakan pada presentasi tersebut, selain itu tentu saja beasiswa dan juga tata cara pendaftaran ke Fakultas Dirasat Islamiyah. Acara sosialisasi ditutup dengan tanya jawab dengan para siswa terkait Fakultas Dirasat Islamiyah dan UIN secara umum.

Acara sosialisasi berakhir pukul 15.40 lalu rombongan berbincang-bincang dengan pengurus Ponpes terkait prospek pengembangan keterampilan bahasa Arab para guru dan program yang akan dilakukan oleh kedua belah pihak.

Pukul 16.00 Tim Sosialisasi bertolak kembali ke Ciputat. Selama di perjalanan berhenti untuk menunaikan Sholat dan makan malam. Pukul 20.00 Tim Sosialisasi tiba di UIN syarif Hidayatullah Jakarta. (CB).