Launching dan Pelatihan Pemulasaraan Jenazah

Sabtu (13/01/2018) FDI memberikan Pelatihan Pemulasaraan Jenazah kepada para anggota Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Provinsi Banten. Acara yang berlangsung di Aula Lantai 2 FDI dihadiri oleh perwakilan pemerintah kota dan pihak Permata Bank Syariah sebagai sponsor serta kurang lebih 100 orang anggota DMI perwakilan dari berbagai masjid di Tangsel.

Pelatihan Pemulasaraan Jenazah ini atas hasil kerjasama antara FDI dengan DMI yang termasuk dalam MoU ditandatangani pada tahun 2017.

Baca juga: Pengabdian pada Masyarakat FDI Terjun ke Masjid-masjid

Dr. Sahabuddin, Lc., M.A. (Dosen Ilmu Hadis) dan Dr. Rusli Hasbi, Lc., M.A. (Dosen Ilmu Fiqih) sebagai narasumber pelatihan tersebut menyampaikan materi: 1)Memandikan, 2)Mengafani, 3)Meshalatkan, dan 4)Menguburkan. Meskipun banyak peserta pelatihan sudah terbiasa dengan pekerjaan tersebut tetapi nyatanya banyak hal yang baru diketahui, misalnya perbedaan antara mayat dan jenazah, hukum membacakan do’a setelah menshalati jenazah, cara mengangkat dan membawa jenazah ke liang kubur dan banyak lainnya. Para pemateri juga menyampaikan tata cara pemulasaraan dengan perbedaan-perbedaan antar berbagai mazhab dan budaya, sehingga para peserta benar-benar banyak yang mendapatkan ilmu baru.

Acara tersebut juga baru launching, yang ke depannya akan diadakan lagi dengan sesi perkelas-kelas kecil, sehingga para Anggota DMI benar-benar mampu memulasara jenazah yang baik dan benar. (AS).

Lihat: Arsip Launching dan Pelatihan Pemulasaraan Jenazah