Mahasiswa FDI Meraih 2 Medali pada IPPBMM ke 7 di IAIN Purwokerto

lnvitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa (IPPBMM) ke VII Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) pada tahun 2018 ini diadakan di IAIN Purwokerto berlangsung sejak Tgl 24-27 April 2018 dengan jumlah sekitar 31 cabang lomba, lomba bergengsi berskala nasional mulai ini diikuti oleh PTKIN se-Jawa dan Madura juga PTKIN lain yang ada di Indonesia seperti IAIN Padangsidimpuan, IAIN Mataram dan lain-lainnya.

Dari beberapa pertandingan mahasiswa FDI sebagai delegasi UIN Jakarta hanya mengikuti Lomba Debat Bahasa Arab (Ismiyati semester 2) dan Sepokbola (Anjas Selistiawan semester 6) dan keduanya berhasil dengan membawa Medali Juara 3.

Menurut Ismiyati “Dalam lomba Debat Bahasa Arab kali ini menjadi tantangan besar bagi UIN Jakarta untuk meraih emas apalagi dalam cabang Debat Bahasa Arab, karena UIN Jakarta mengirimkan junior-juniornya yang berpartisipasi dalam perlombaan tersebut, tak heran jika rival mereka adalah berbanding terbalik yang dimana mereka sudah menjadi senior dalam kancah lomba debat dan sudah mencicipi lomba-lomba diluar Indonesia. Perwakilan dari UIN Jakarta adalah Ikhlasul Amalluddin (semester 4), dan Ismiyati (semester 2). kali ini mereka harus berhadapan langsung dengan macan-macan sangar debater hebat Indonesia yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya seperti Miftah Farid dari UIN Sunan Gunung Djati dll. Tentunya hanya usaha dan kekuatan do’a yang sangat ampuh, Tim debat UIN Jakarta tetap berusaha tanpa melihat lawan dan selalu memandang bahwa kemungkinan apapun dalam perlombaan dapat terjadi, dan menang kalah pun sudah biasa dirasakan dalam suatu pertandingan.” terangnya.

Tim debat UIN Jakarta yang berada di posisi ke 7 dari 8 yang diambil dibabak penyisihan tak mau kalah dengan rasa pesimisnya, mereka tetap latihan dan latihan dalam mewujudkan impiannya dan meraih emas. Namun rencana Tuhan berkehendak lain, Tim Debat UIN Jakarta menduduki posisi 2 dibabak semifinal, setelah mereka bangkit akhirnya mengantarkan mereka ke Final debat IPPBMM ke 7 berskala Nasional. Dan akhirnya Tim debat UIN Jakarta dapat meraih posisi ke 3 setelah UIN Yogjayakarta dan UIN Malang.

Sedangkan dalam pertandingan Sepakbola menurut Anjas Selistiawan “Pada ajang ini Tim UIN Jakarta sempat menjuari penyisihan Grup B dengan meraih 7 point tanpa terkalahkan, dan pada akhirnya harus mengakui keunggulan tuan rumah di fase semi final. Pada perebutan juara tiga Anjas dkk harus menghadapi rival terberat, yaitu tim dari UIN Bandung.”
“Memang dalam kompetisi di IPPBMM 2018 ini lebih menguras tenaga, dikarenakan selama tiga hari berturut-turut tanpa jeda mereka diharuskan bermain dalam satu hari dua kali bertanding, oleh karena dengan kesungguhan layaknya slogan Tim Sepakbola UIN Jakarta yaitu “Untuk Satu Nama UIN Jakarta Bisa!” terang  mahasiswa yang sedang mengikuti Liga Mahasiswa (Campus Soccer Leage) 2018 se-Jabodetabek ini. (Laporan: Ismiyati & Anjas Selistiawan), (A.S).