Mahasiswa FDI Meraih Juara 1 Debat Bhs Arab di Forum ITHLA 2017

Kemah Bahasa Arab & Muktamar Ittihadu Thalabah Al Lughah Al Arabiyah bi Indonesia (ITHLA) ke-VI digelar di Gedung Multipurpose UIN Sunan Kalijaga, Kegiatan ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (HMJ PBA) dan Himpunan mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kegiatan dengan berbagai rangkaian acara ini berlangsung mulai 24 – 27 November 2017 dengan jumlah peserta sebanyak 660 peserta dari 77 delegasi Himpunan Mahasiwa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (HMJ PBA), Himpunan Mahasiwa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (HMJ BSA), Fakultas Dirasat Islamiyah dan Tarjamah Perguruan Tinggi se-Indonesia dan 15 peserta di antaranya dari Universiti Putra Malaysia (UPM), adapun delegasi dari Fakultas Dirasat Islamiyah berjumlah 5 orang diantaranya: Aditya Pratama (Duta Ithla Indonesia 2016 sekaligus ketua Dema FDI), Rafif Litsa Hanifah (Semester 5), Siti Fatmawati (Semester 5), Masneldi Hendri (Semester 3), dan Mufti Yafi (Semester 3).

Kemah bahasa Arab dikemas dengan berbagai kegiatan yakni Seminar Nasional, Halaqah Ilmiyah, Pentas Seni, Perlombaan nasional, Pembahasan AD/ART, Pergantian Dewan Pengurus Pusat (DPP) ITHLA, dan Outbond. Selain itu akan ada perumusan proyeksi ke depan dari ITHLA karena saat ini ITHLA statusnya telah berbadan hukum.

Dalam perlombaan tingkat nasional yang diadakan dalam Muktamar ini, UIN Jakarta kembali menorehkan kemenangan dalam lomba debat nasional. Prestasi tersebut diraih oleh Rafif Litsa Hanifah (FDI 2015), Mahbubi (BSA 2016), dan Nunu Nurhasan (BSA 2016) yang tergabung dalam Tim Debat Dewan Perwakilan Wilayah II (Jabodetabek dan Jawa Barat) UIN Jakarta. Tiga mahasiswa tersebut sukses meraih Juara 1 Lomba Debat Nasional dalam rangka Mukhtamar ITHLA VI dan Kemah Bahasa Arab.
Lomba debat bahasa Arab dalam Muktamar ITHLA ini,merupakan kompetisi debat ilmiah nasional yang diikuti seluruh perguruan tinggi di Indonesia dan Malaysia.

Kompetisi terbagi menjadi tiga babak, tahap pertama berupa babak penyisihan dan hanya diambil 4 tim untuk ke babak berikutnya. Selanjutnya, pada babak kedua yaitu babak semi final,pada babak ini Tim Debat UIN Jakarta mendapatkan tantangan yang lumayan rumit,dimana mosi dibagikan 20 menit sebelum bertanding, dan melawan Tim debat Universiti Putra Malaysia yang mana Tim lawan merupakan para peserta IHTIFAL USIM 2016, Setelah menang tipis dengan tim UPM di semifinal, akhirnya Tim debat UIN Jakarta memastikan diri tampil di panggung penutupan sebagai finalis melawanTim Dewan Perwakilan wilayah 3 (Jawa Tengah) UIN Sunan Kalijaga. (Laporan: Hanifah)