Muhammad Faqihus Syar’i meraih Juara 1 Lomba Nasyid

Aula SMKN 57 Jakarta Selatan – Satu lagi kabar gembira dari salah seorang mahasiswa FDI semester 6 yang bernama Muhammad Faqihus Syar’i, pada Selasa 24 April 2018 Ia beserta 5 personil tim Nasyidnya (El Hamra) yang berasal dari berbagai fakultas berhasil meraih Juara 1 pada Lomba Nasyid dan Apresiasi Seni Islam yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jakarta Selatan. Tim Nasyid El Hamra ini terbentuk karena UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ingin mengutus mahasiswanya ke pertandingan Nasyid Ihtifal di Universitas Sains Islam Malaysia pada tanggal 29 Maret 2018. Tim Nasyid yang di bimbing oleh pelatih yang bernama Akbar Alqadri (Alumni Sastra Arab, Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) ini, juga berhasil meraih kategori Persembahan Terbaik (Best Performance) saat mengikuti lomba di Malaysia.

Tak hanya mendapat Tropi, Sertifikat, dan Uang Pembinaan sebesar Rp 12.500.000, dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, namun juga Juara 1, 2, 3 akan mewakili Jakarta Selatan untuk mengikuti pertandingan Nasyid tingkat provinsi DKI Jakarta.

Lagu yang dibawakan. adalah “Ya Rasullallah” dari Raihan. Adapun konsepnya, accapella, tanpa iringan musik.

Faqih beserta rekan-rekan nasyidnya berharap agar prestasi mereka di bidang seni Islam ini mampu menjadi ladang dakwah untuk mensyiarkan nilai-nilai Islam melalui syair dan melodi nan indah. Karena dakwah tidak sebatas ceramah, ataupun seminar-seminar, namun dakwah dapat disampaikan melalui berbagai cara salah satunya adalah dengan jalan seni.

Apalagi saat ini, musik-musik barat sudah sangat merajalela dikalangan kawula muda, yang terkadang lirik nya bermakna negatif dan jauh dari nilai-nilai Islam. Mudah-mudahan dengan mensyiarkan Nasyid, kawula muda khususnya, dan seluruh masyarakat pada umumnya, bisa menikmati seni sambil mendekatkan diri pada Allah swt dan mengucapkan kalimat-kalimat positif. (Laporan: Muhammad Faqihus Syar’i), (A.S).