Public Speaking Tingkatkan Kemampuan Komunikasi, Presentasi dan Berbicara di Depan Umum

Peserta pelatihan sangat berantusias dalam mengikuti pelatihan ini, hal tersebut terlihat jelas ketika dalam acara pembukaan, pertanyaan-pertanyaan terus dilontarkan kepada trainer. “Public Speaking adalah ilmu  yang sangat jarang didapat di kampus dan institusi pendidikan, padahal ilmu tersebut sangat dibutuhkan oleh semua orang dalam aspek kehidupan, ilmu tersebut mengajarkan tentang bagaimana cara manusia bersosialisasi dengan baik”, ungkap Intan Fadhilah mahasiswi semester 6 peserta pelatihan. Dengan diselenggarakannya public speaking ini, diharapkan peserta dapat memahami dan menyadari kemampuannya untk menjadi seorang public speaker dan memiliki skill berbicara yang baik dalam kegiatan sehari-hari.

Kegiatan yang mengusung tema “Motivasi Pola Pikir dan Komunikasi Menuju Akademisi yang Handal, Berkarakter dan Profesional” ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Dirasat Islamiyah, Dr. Hamka Hasan, MA. Dalam sambutannya beliau sangat mengapresiasI kegiatan ini. “Public Speaking merupakan pelajaran penting dalam kehidupan manusia, dengannya manusia belajar berkomunikasi dengan baik antar sesama, public speaking juga diajarkan dalam Islam sesuai dengan perintah Allah kepada manusia untuk berkata baik dan benar”, ungkapnya.

Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kompetensi mahasiswa dalam hal komunikasi, presentasi dan berbicara di depan umum tersebut, Fakultas Dirasat Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan Pelatihan Public Speaking untuk mahasiswanya. Kegiatan ini akan berlangsung selama dua bulan dan diikuti oleh seluruh mahasiswa semester 6 serta para anggota DEMA (Dewan Eksekutif Mahasiswa) Fakultas Dirasat Islamiyah. Acara pembukaan pelatihan ini dilaksanakan di Aula Fakultas Dirasat Islamiyah (Senin, 10/04/17), sedangkan pertemuan selanjutnya mengikuti jadwal masing-masing di setiap kelas.

Pelatihan public speaking ini merupakan implementasi kerjasama antara KAHFI BBC MOTIVATOR SCHOOL dengan Fakultas Dirasat Islamiyah. Dalam prakteknya, pelatihan ini akan diisi oleh pemateri dan pengajar dari KAHFI di antaranya Tubagus Wahyudi, ST, Msi, MCHt, CHI (Master Public Speaking Indonesia), Muhammad Mamduh Nuruddin, S.S.I, CHt, MCHC, M.Pd (Trainer Public Speaking, Motivator dan Hypnotherapist) beserta tim pengajar lainnya. “Kemanapun dan di manapun anda berada, anda perlu berbicara. Maka dari itu, ilmu berbicara sangatlah penting”, ungkap Tubagus Wahyudi dalam menjelaskan materi. (Munawir Ikhsan, AS).