Seminar Nasional “Membumikan Nilai-nilai Islam melalui Karya Sastra”

Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan Seminar Nasional dengan mengusung tema “Membumikan Nilai-nilai Islam melalui Karya Sastra”, dengan narasumber Helvy Tiana Rosa yaitu seorang Penulis buku Duka Sedalam Cinta dan Dr. Siti Amsariah, M.Ag. seorang kritikus Sastra Arab.

Acara Seminar Nasional yang masih termasuk kegiatan dalam rangkaian HAMASAH 2017 dilakasanakan di Aula FDI pada Senin (16/10/17) dengan peserta mahasiswa FDI dan peserta lomba HAMASAH 2017 yaitu utusan dari berbagai perguruan tinggi dan berbagai santri pondok pesantren.

Baca juga: DEMA FDI Kembali Gelar Hamasah

Dalam pemaparannya Helvy Tiana Rosa menyampaikan “Banyak nilai-nilai Islam sederhana yang dapat diinternalisasi dalam kehidupan melalui berbagai media, termasuk sastra. Dalam menginternalisasi nilai Islam dalam suatu karya seni, jangan sampai menghilangkan nilai estetik karya itu sendiri karena anggapan kebakuan terhadap aturan Islam” kemuadian lanjut dia “Ada misi dalam penulisan karya sastra. Terdapat 2 tujuan pokok dalam berkarya sastra; 1) Sastra untuk sastra, 2) Sastra untuk manusia. Karya sastra adalah dokumen social. Sekalipun pengaruh subjektif mendominasi, namun realitas dan manusia sekitar adalah rujukannya” terangnya. (AS).

Lihat: Arsip Seminar Nasional