TANAL: Kerjasama Standarisasi Bahasa Arab Internasional

Gedung FDI Berita Online, Fakutas Dirasat Islamiyah menerima kunjungan delegasi TANAL Arabi, Prof. Dr. Abdurrauf Zuhdi Mustofa (Sekretaris Jenderal), Prof. Dr. Mustofa Idris Elbasyir Ali (Asisten Sekjen Assosiation of University Union) dan Dr. Majed Fawzi Mohammad Abu Ghozalah (International Institute of Islamic Thought) pada hari kamis 30 Juli 2015 yang disambut langsung oleh dekan, para wakil dekan, dosen bahasa Arab dan pengelola Pusat Bahasa.

Kunjungan ini bertujuan untuk mensosialisasikan standarisasi kemampuan bahasa Arab dalam mempermudah penyaringan calon mahasiswa Indonesia yang akan melanjutkan studi ke negara-negara timur tengah. Dalam hal ini TANAL (Test for Native and Non-Native Arabic Language Learners) menjelaskan program-program yang akan dilaksanakan dan bentuk-bentuk kerjasama antara TANAL dan UIN Jakarta.

Dalam Sosialisasi ini, TANAL mengharapkan FDI dapat memfasilitasi kantor perwakilan sebagai pusat kegiatan standarisasi bahasa Arab di Indonesia.

Dalam pertemuan ini juga TANAL dan UIN Jakarta saling bertukar informasi dan pengalaman dalam pengajaran dan tes kemampuan bahasa Arab. Sosialisasi serupa telah diselenggarakan di beberapa kampus di Indonesia, antara lain; UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Alaudin Makasar dan Sultan Syarif kasim Riau.

Sosialisasi ini mendapatkan respon yang positif dari UIN Jakarta khususnya Fakultas Dirasat Islamiyah dengan harapan kerjasama ini bisa berlanjut dengan dibukanya kantor perwakilan TANAL di UIN Jakarta melalui Fakutas Dirasat Islamiyah.