Tim debat Al-Abqary menghadiri Pelatihan dan Simulasi Debat Ilmiah Bahasa  Arab yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa Arab STAI Nurul Iman Bogor. Kegiatan ini berlangsung di auditorium S2 Yayasan Al-Ashriyah Nurul Iman pada hari Sabtu, 22 Februari 2020.

“Pihak STAI Nurul Iman mengundang tim Al-Abqary dengan maksud agar bisa memberikan motivasi dan energi positif untuk mereka, sekaligus sharing tentang debat Bahasa Arab,” ujar Ismiyati menjelaskan latar belakang diselenggarakan kegiatan ini.

Kegiatan yang berlangsung mulai dari pukul 09.00 WIB sampai 13.00 WIB ini dimulai dengan pelatihan debat yang diisi oleh Dr. Elhaw Awadel Karim Ali dan Muhammad Difa El-Haq. Kemudian dilanjutkan dengan dua kali simulasi debat yang mempertemukan tim debat dari Al-Abqary dan PBA STAI Nurul Iman.

Tak tanggung-tanggung, mosi yang mereka angkat dalam simulasi merupakan mosi yang gencar diperbincangkan akhir-akhir ini dan menuai banyak konflik. Mosi pertama yaitu dewan mendukung adanya dewan pengawas KPK untuk mengawaai pelaksanaan tugas dan wewenang KPK. Sedangkan mosi yang kedua adalah dewan menolak kembalinya eks-ISIS ke Indonesia. Acara pun berlangsung dengan sangat meriah.

Setelah simulasi debat selesai, acara dilanjutkan¬† dengan penyampaian sambutan-sambutan, kemudian ditutup dengan do’a. (Tim Jurnalis FDI: Suci Amalia).