FDI News – Mahasiswa Fakultas Dirasat Islamiyah kembali menorehkan prestasi di tingkat internasional. Kali ini tim debat bahasa Arab Al-Abqary yang terdiri dari Muhammad Abid Al-akbar, Ahmad Rifa’i Rahman, dan Suci Amalia berhasil menyabet juara pertama Mahrajan Al-Azhar Al-Arabi (MAZRABI) cabang debat bahasa Arab yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Arab Universitas Al-Azhar Indonesia (HIMASA UAI) pada tanggal 14 – 20 Desember 2020.

Perlombaan debat bahasa Arab ini diikuti beberapa instansi di dalam dan luar negeri. UIN Sunan Kalijaga, UIN Sunan Gunung Djati, dan STIPI Maghfirah adalah sebagian instansi dalam negeri yang berpartisipasi dalam lomba ini. Sedangkan instansi dari luar negeri ada Universitas Sains Islam Malaysia, Universitas Antar Bangsa Malaysia, dan Universitas Az-Zaitunah Tunisia.

Mereka bertiga berhasil memenangkan ajang debat ini dengan meraih juara pertama meskipun lomba ini dilaksanakan ketika UAS FDI berlangsung. Rifai pun mengatakan bahwa tim Al-Abqary selalu berkoordinasi dengan panitia agar jadwal tanding tidak berbentrokan dengan jadwal UAS.

Di balik kemenangan tersebut, Rifai, pembicara ketiga tim Al-Abqary, mengaku membutuhkan perjuangan proses yang cukup lama untuk menjadi juara. “Saya pribadi dalam semester tiga ini mengikuti beberapa kali lomba debat. Namun, empat kali tersandung hanya sampai semifinal, perempat final, bahkan di babak penyisihan. Alhamdulillah, di akhir semester sekarang diberi kesempatan masuk final dan menjadi juara pertama,” ujarnya.

Di samping itu, Abid, pembicara kedua tim Al-Abqary memberikan tips untuk meraih kemenangan. “Untuk meraih kemenangan itu memerlukan waktu dan latihan yang lebih.اعملوا فوق ما عملوا ‘kerjakanlah di atas orang lain bekerja’. Alhamdulillah, berkat persatuan tim Abqory, usaha yang maksimal, dan latihan bareng dalam diskusi bisa mencapai juara pertama. Ini pun tentu juga berkat dukungan dari para senior dalam bimbingannya juga dukungan dari teman-teman yang lain, serta tak lupa do’a dan dukungan dari keluarga serta kerabat,” ucapnya.

Sebagai penutup, di akhir sesi wawancara Rifa’i menyampaikan harapannya. Ia mengatakan, “Harapan kami fakultas bisa lebih mendukung mereka yang ingin mengikuti lomba, ataupun mereka yang berprestasi dalam lomba baik dalam bentuk motivasi, mental dan lainnya.(Tim Jurnalis FDI: Ahmad Faiq dan Nyimas Zulfa Lisamia).