FDI News – Suci Amalia, Mahasiswi semester satu Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) berhasil meraih juara dua di cabang perlombaan Esai pada Harokah Musabaqoh Al-Lughoh Al-‘Arabiyah (HAMASAH) 2019. Cabang lomba ini diselenggarakan pada 21 November 2019, tepatnya pada hari ketiga rangkaian Hamasah. Suci, biasa ia dipanggil, bersaing dengan tujuh perserta lainnya dari berbagai instansi. Ia mengakui ini menjadi pengalaman pertamanya mengikuti Lomba Esai berbahasa Arab. “Ini pertama kali Saya mengikuti Lomba Esai berbahasa Arab,” tuturnya saat diwawancarai (27/11/2019).

Selain ini menjadi pengalaman pertama ia juga menyampaikan perihal motivasi yang mendorongnya mengikuti lomba menulis esai. “Saya suka menulis dengan Bahasa Arab. Sewaktu belajar di pesantren saya malah sering menulis catatan harian saya dengan Bahasa Arab. Saya juga suka menulis puisi dan saya tulis dengan Bahasa Arab.” Lomba menulis esai kali ini akhirnya menjadi tantangan dan media pembelajaran bagi Suci untuk mengetahui sudah sejauh mana kemampuannya dalam menulis yang Berbahasa Arab.

Tema yang diajukan oleh panitia pada cabang lomba esai kali ini adalah “Peran Pemuda di Era Industri 4.0”. Suci menjadikan “Pengembangan Kemampuan Softskill bagi Pemuda Indonesia” sebagai judul. Ada empat kemampuan yang ia bahas dalam esainya. Pertama, Critical Thinking (berpikir kritis). Kedua, Problem Solving (menyelesaikan masalah). Ketiga, kreativitas. Keempat, kerjasama yang baik. Baginya, empat kemampuan tersebut harus dimiliki oleh pemuda agar bisa terus memiliki peran di era industri 4.0. (Tim Jurnalis FDI: Zahrotun Nafisah).