Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada Senin, 14 Oktober 2019 adakan Pelatihan Public Speaking, tetapi dengan tema lain dari tahun sebelum-sebelumnya, dan pada tahun 2019 ini dengan tema “Pelatihan Dai dan Khatib Berwawasan Wasathiyyah” atau

دورة تدريب الدعاة والخطباء في إطار الوسطية

Pelatihan yang dilaksanakan seharian dari pukul 09.00 – 16.30 ini diisi oleh 4 narasumber penceramah kondang yang sering tayang di TV nasional ataupun TV swasta dan terhimpun dalam cariustadz.id, yaitu K.H. Dr. Ali Nurdin (Pengasuh pesantren Nurul Quran Bogor),  Suhendi AlKhathab, M.A. (Da’i/ Pendakwah, Konselor Pernikahan, Konsultan keluarga Indonesia), Muhamad Zen, M.A. (Dosen UIN Jakarta), dan Dr. Hasani Ahmad Said, M.A. (ADDAI (Asosiasi Dai-daiyah Indonesia))

Pemateri pertama Dr. Hasani Ahmad Said, M.A. sampaikan “Pelatihan Da’i & Khatib Berwawasan Wasthathiyah” yang membahas diantaranya: Menyoal Dakwah di Media, Komunikasi Dakwah dan Sasaran Dakwah, Metode Dakwah di Era Modern, Tantangan Berdakwah di Media, dan lainnya.

 

Pemateri kedua Muhamad Zen, M.A. menyampaikan “Manajemen Dakwah: Medan dan Obyek Dakwah Khutbah” yang meliputi: Perbedaan Khutbah, Tabligh dan Dakwah, Medan Dakwah dan Khutbah, Obyek Dakwah dan Khutbah.

 

K.H. Dr. Ali Nurdin sebagai pemateri ketiga sampaikan “Karakteristik Islam Moderat” dengan 6 penjabaran materi.

 

Sedangkan Suhendi AlKhathab, M.A. pemateri keempat menyampaikan فِقْهُ الدَّعْوَةِ والخطبة dengan cakupan: Kaidah, Dakwah, Aktivitas dari Dakwah.

 

Pelatihan ini dihadiri oleh peserta (semester 1 dan semester 3), dan dalam sambutannya Dr. Moch. Syarif Hidayatullah, M.Hum. (Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama) mengatakan “pelatihan ini diadakan karena banyaknya alumni FDI yang menjadi penceramah dan khatib di dalam negeri dan ada juga sampai luar negeri, dan tentu untuk menambah softskill mahasiswa. Dan kita bisa mengambil pelajaran dari pengalaman-pengalaman berdakwah para ahlinya (narasumber)”. (as).