Fakultas Dirasat Islamiyyah (FDI) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta kembali mengirim tim debat bahasa Arab (Abqory) pada kompetisi internasional yang diselenggarakan oleh Qatar Debate yang merupakan Organisasi Nirlaba di Doha, Qatar.

Empat Mahasiswa Fakultas Dirasat Islamiyah menjadi tim delegasi dalam ajang International Universities Debating Championship ke-6 di Istanbul. Mereka adalah Suci Amalia, Muhammad Abid Al Akbar, Ahmad Rifai Rohman dan Teguh Satria Pendowo.

Pendaftaran Qatar Debate telah dibuka untuk seluruh universitas di dunia secara daring pada tanggal 18 Oktober 2021 melalui akun resminya. Tahap selanjutnya yaitu seleksi nasional debat bahasa Arab yang diikuti oleh 24 tim dari universitas se-Indonesia. UIN Syarif Hidayatullah berhasil memperoleh juara 2 dan meraih hadiah golden ticket ke Turki.

Selama pelatihan tentu ada kesulitan yang dihadapi. Seperti masing-masing dari mereka memiliki kesibukan pribadi. Namun, mereka memiliki semangat, tekad dan konsisten latihan rutin setiap harinya.

Di balik kehebatan mereka ada pembimbing yang selalu memberikan arahan dan motivasi terbaik yaitu Ustadz Daud Lintang Al-Yamin, S.S.I., M.A. juga semangat dari para senior debat, seperti Difa El Haq dan Boby Mahbuby.

Pemberangkatan akan dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2022 dan pelaksanaan perlombaan akan diselenggarakan pada tanggal 17–20 Juni mendatang. Tim debat UIN Jakarta telah menyatakan kesiapannya untuk berkompetisi dalam ajang Internasional.

Di akhir wawancara, Teguh Satria memberi ungkapan menarik pada tim reporter Tim Jurnalis FDI. “Jika bahasa ada di lisan kita, maka dunia ada di genggaman kita,” tegasnya. (Tim Jurnalis: Nyimas Zulfa, Tim Editor: Hanifa Azkannisa).