Pada Acara Wisuda Sarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ke-119/62 Fakultas Dirasat Islamiyah pada Sabtu (25/2), Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) memberikan penghargaan baru kepada wisudawannya, yaitu penghargaan wisudawan berprestasi non-akademik.

Selama ini penghargaan yang diberikan adalah penghargaan di bidang akademik, yaitu wisudawan terbaik yang dinilai dari IPK tertinggi dan wisudawan dengan penulisan skripsi atau tesis terbaik yang dilihat dari hasil sidang munaqosyah.

Moch. Syarif Hidayatullah selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama menyampaikan bahwa prestasi tidak hanya dari sisi akademik. Faktanya ketika terjun ke masyarakat prestasi non-akademik menjadi salah satu pertimbangan kesuskesan seseorang. Prestasi non-akademik seperti menjadi aktivis lingkungan, membuka usaha, Youtuber, podcaster, entrepreneur dan sebagainya juga perlu untuk diapresiasi.

‚ÄúSekarang di kampus-kampus yang maju di dalam atau luar negri itu tidak hanya melihat dari sisi IPK saja, tapi juga dengan apa yang dilakukannya selama berkuliah atau nanti jika ia sudah jadi alumni, kiprahnya di masyarakat itu seperti apa. Maka atas pertimbangan itu dan diskusi dengan prodi dan dekanat, penghargaan non-akademik akhirnya dipilih dan nanti akan ada perkembangan di kemudian hari,” ungkapnya.

Wisudawan yang mendapatkan penghargaan wisudawan berprestasi non-akademik yaitu Zahrotun Nafisah. Selain Zahro, ada Urwatul Wusqo sebagai wisudawan terbaik dan Muflihah Sudirman sebagai penulis skripsi terbaik.

Pengahargaan non-akademik ini diberikan dilihat dari banyaknya jumlah prestasi yang diperoleh baik tingkat internasional maupun nasional. Tujuannya adalah sebagai salah satu sarana agar mahasiswa FDI terpacu untuk berprestasi dan mau melaporkan prestasinya ke pihak fakultas, dan sebagai bentuk penghargaan fakultas atas pencapaian mahasiswa pada level manapun serta demi kemajuan bersama.

Pihak fakultas juga berencana untuk menampilkan foto-foto mahasiswa yang berprestasi di dinding-dinding FDI dengan harapan dapat memacu mahasiswa yang lain untuk berprestasi juga. (Tim Jurnalis FDI: Minkhatul Maula Sofa).