Dalam rangka meningkatkan tradisi akademik, Fakultas Ushuluddin (FU) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta membuka call for papers untuk kegiatan Seminar Nasional Kajian Islam Fakultas Ushuluddin (SNKI FU) dengan tema “Aktualisasi Pemikiran Islam dalam Mengatasi Problematika Bangsa” pada hari Rabu, 23 Oktober 2019 di Fakultas Ushuludin.

Acara ini diikuti oleh 5 orang peserta yang sebelumnya sudah melewati proses seleksi paper terlebih dahulu. Salah satu peserta seminar ini adalah Zahrotun Nafisah, mahasiswa semester 7 Fakultas Dirasat Islamiyah. Paper yang ia angkat berjudul “Deradikalisasi Islam di Dunia Digital”.

Zahrotun Nafisah mengakui ia sangat diapresiasi oleh reviewers atas keberhasilan mempresentasikan papernya. Apalagi karena dia adalah satu-satunya mahasiswi S1 yang mengikuti acara ini, sedangkan peserta yang lain adalah mahasiswa S2 dan dosen. “Apresiasi dari reviewer itu ketika dia tahu kalau aku dari FDI dan perempuan, soalnya dari belum pernah ada yang ikutan acara kaya gini”, ujar Zahro.

Pengalaman dalam dunia literasi memang bukan hal yang baru baginya. Ia juga aktif menulis di BincangSyariah.com, nyarung.id, dan fdi.uinjkt.ac.id. (Tim Jurnalis FDI: Suci Amalia).