FDI Menerima Kunjungan MA Persis Tarogong Garut

Auditorium Harun Nasution, FDI menerima kunjungan Siswa-siswi Program Ilmu Agama Islam (IAI) Madrasah Aliyah (MA) Persis Tarogong, Garut, Jawa Barat pada Kamis, 6 April 2017, maksud dari kunjungan tersebut khusus untuk mendalami Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Siswa-siswi yang berjumlah 65 orang (terdiri dari 30 siswa dan 35 siswi) dan didampingi guru 7 orang disambut oleh Dra. Nuriyah Thahir, MM (Kasubbag Layanan Akademik) sebagai perwakilan pihak universitas dan Dr. Cahya Buana, M.Ag (Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama) perwakilan pihak FDI berlangsung di Gedung Harun Nasution pukul 08.30 sampai 10.00, dan dilangsungkan mengunjungi gedung FDI yang berakhir sampai 10.45 WIB.

Pada sesi tanya jawab terlihat jelas antusias siswa-siswi Persis Tarogong Garut dengan banyaknya penanya, sedangkan pertanyaan yang dilontarkan diantaranya: Perbedaan dengan Bahasa dan Sastera Arab (BSA), ketersediaan Asrama, Lulusan/output FDI, kewajban Hafalan al-Qur’an, dan program Beasiswa.

Dikutif dari laman www.persistarogong.com Mu’allimin dan Madrasah Aliyah Persatuan Islam Tarogong adalah Lembaga Pendidikan Islam Terpadu setara SLTA yang memadukan Kurikulum Pendidikan Nasional dengan muatan khas Pesantren Persatuan Islam. Lulusannya diharapkan mampu mengembangkan dirinya menjadi ‘Ulama/Zu’ama.

Sedangkan Program pendidikan yang diselenggarakan oleh MA Persis Tarogong Garut sebagai berikut:

  1. Program Ilmu Agama Islam (IAI); Kurikulum: 65% pelajaran keislaman dan 35% pelajaran SLTA umum.
  2. Program Ilmu Pengetahuan Alam (IPA); adalah pendidikan ke-Islaman, dengan kurikulum ke-Islaman khas Pesantren, yang dipadu dengan kurikulum Pemerintah (MA Depag & SMA Diknas).
  3. Program Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS); adalah pendidikan ke-Islaman, dengan kurikulum ke-Islaman khas Pesantren, yang dipadu dengan kurikulum Pemerintah (MA Depag & SMA Diknas).

Maka sangat jelas dan sesuai jika siswa-siswi Program Ilmu Agama Islam (IAI) Madrasah Aliyah (MA) Persis Tarogong, Garut, Jawa Barat sesudah lulus nanti melanjutkan studinya ke FDI yang sudah selaras dengan pendidikan sebelumnya, sehingga visi misi “mampu mengembangkan dirinya menjadi ‘Ulama” dapat tercapai. (AS).

1 thought on “FDI Menerima Kunjungan MA Persis Tarogong Garut

Comments are closed.