Perkuat Keterampilan Era 5.0, Mahasiswa FDI Ikuti Pelatihan dan Uji Kompetensi Pemasaran Digital
Perkuat Keterampilan Era 5.0, Mahasiswa FDI Ikuti Pelatihan dan Uji Kompetensi Pemasaran Digital

Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) menyelenggarakan pelatihan pemasaran digital dan uji kompetensi mahasiswa sebagai bagian dari penguatan kompetensi non-akademik dan kesiapan karier mahasiswa di era transformasi digital. Kegiatan berlangsung pada Kamis (20/11/2025) di lingkungan FDI dan diikuti oleh mahasiswa lintas angkatan.

Pelatihan dirancang untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan pemasaran digital yang relevan dengan kebutuhan industri komunikasi dan ekonomi kreatif, mulai dari pengelolaan media sosial, penyusunan konten kreatif, analisis perilaku audiens, hingga strategi kampanye berbasis platform digital. Program ini juga sekaligus menjadi sarana mahasiswa untuk mengikuti uji kompetensi profesional, sehingga mereka dapat memperoleh sertifikasi yang diakui secara nasional.

Dalam sambutannya, pimpinan fakultas yang diwakili oleh Dr. Mu’min Roup, M.A.(Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum) dan Dr. Fatihunnada Lc., M.A.(Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama) menegaskan pentingnya penguasaan keterampilan digital bagi mahasiswa FDI yang tidak hanya dituntut unggul dalam ilmu keislaman, tetapi juga perlu memiliki kompetensi strategis seperti digital marketing agar mampu bersaing di dunia profesional. “Pelatihan ini menjadi langkah konkret fakultas dalam meningkatkan relevansi dan daya saing lulusan,” ujar Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan.

Pelatihan dipandu oleh instruktur bersertifikat, Rully Mujahid NF yang memberikan pemahaman komprehensif mengenai tren pemasaran digital, seperti pemanfaatan algoritma media sosial, teknik optimasi konten, dan penggunaan data analytics untuk membaca kebutuhan pasar. Para peserta juga mendapatkan kesempatan praktik langsung melalui simulasi kampanye digital yang berbasis proyek.

Setelah mengikuti sesi pelatihan, mahasiswa melanjutkan kegiatan dengan uji kompetensi digital marketing,  mencakup penilaian kemampuan teknis, analisis strategi, dan penyusunan rencana pemasaran berbasis data. Ujian ini dilaksanakan bekerja sama dengan lembaga sertifikasi mitra yang telah berpengalaman dalam standarisasi kompetensi digital nasional.

Para peserta mengaku mendapatkan manfaat besar dari kegiatan ini. Mereka menilai bahwa pelatihan ini memperluas wawasan dan memberikan keterampilan praktis yang dapat langsung diterapkan dalam dalam pengelolaan organisasi mahasiswa, kewirausahaan, maupun dunia kerja nantinya.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, Fakultas Dirasat Islamiyah menegaskan komitmennya untuk menghadirkan pendidikan yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga adaptif terhadap kebutuhan global, serta mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing tinggi.